Senin 17 Feb 2014 07:46 WIB

Pengungsi Sinabung Dari Tujuh Desa Siap Dipulangkan

Presiden SBY (keempat kiri) dan rombongan berbincang dengan pengungsi Sinabung, di lokasi pengungsian Masjid Agung, Kabanjahe, Karo, Sumut, Kamis (23/1).
Foto: Antara
Presiden SBY (keempat kiri) dan rombongan berbincang dengan pengungsi Sinabung, di lokasi pengungsian Masjid Agung, Kabanjahe, Karo, Sumut, Kamis (23/1).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung berasal dari tujuh desa di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, siap dipulangkan ke rumah masing-masing.

"Warga desa tersebut, yakni Desa Naman, Desa Tiga Pancur, Desa Cimbang, Desa Ujung Payung, Desa Tiganderket, Desa Tanjung Morawa, dan Desa Kutambaru," kata Koordinator Media Center Penanggulangan Bencana Sinabung di Kabanjahe Jhonson Tarigan ketika dihubungi dari Medan, Ahad (16/2).

Sebelumnya, katanya, 3.797 pengungsi erupsi Gunung Sinabung, telah dikembalikan ke desa masing-masing.

"Pengungsi yang dipulangkan itu, yakni 689 orang atau 235 kepala keluarga (KK) ke Desa Rimo Kayu, Kecamatan Payung dan 3.108 orang atau 235 KK ke Desa Batu Karang, Kecamatan Payung," katanya.

Dia menjelskan bahwa pemulangan warga itu, Jumat (14/2), difasilitasis dengan menggunakan truk Pemkab Karo, TNI, Polri, dan instansi terkait. 

"Pengungsi yang dikembalikan ke desa itu, berada di zona aman dan di luar radius lima kilometer. Hal ini rekomendasi Pusat Vulkonologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)," kata Jhonson.

Data yang diperoleh di Posko Penanggulangan Bencana Sinabung di Kabanjahe, jumlah pengungsi tercatat 27.485 orang atau 8.694 KK yang terdiri atas laki-laki 12.625 orang dan perempuan 12.856 orang.

Selain itu, lansia 2.096 orang, ibu hamil 226 orang, dan bayi 1.336 orang. Pengungsi tersebut berasal dari 34 desa, dua dusun, dan lima kecamatan di Kabupaten Karo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement