Ahad 16 Feb 2014 19:09 WIB

Warga Inggris Doakan Pengungsi Kelud

Rep: Elba Damhuri/ Red: Nidia Zuraya
Pengungsi Kelud
Foto: PKPU
Pengungsi Kelud

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar meletusnya Gunung Kelud tidak hanya menjadi berita-berita media di Indonesia. Kantor berita dan siaran televisi internasional pun ikut menyiarkan kabar yang menarik perhatian masyarakat global itu, termasuk di Inggris.

Sam Artinson, warga Birmingham, Inggris, menyampaikan turut berduka atas erupsi Gunung Kelud yang terjadi pada pekan lalu itu. Sam mengatakan, dalam situasi apapun, bencana alam memberikan dampak negatif kepada warga sekitar yang terkena.

"Kami berdoa agar warga sekitar Gunung Kelud tetap bersabar dan bertahan dalam situasi yang tidak mengenakan ini," kata Sam dalam perbincangan dengan ROL, Ahad (16/2).

Di Inggris pun saat ini, kata dia, meski tidak sehebat di Indonesia, sedang menghadapi bencana banjir di sejumlah kota. Namun demikian, semua memang harus dihadapi tanpa perlu takut dan khawatir.

Bagi kebanyakan rakyat Inggris, Sam menuturkan, Indonesia bukanlah negeri asing. Ketika tsunami melanda Aceh pada 2004 lalu, rakyat Inggris berbondong-bondong memberikan sumbangan.

Untuk bencana Kelud ini, Sam mengungkapkan, sudah banyak pihak di Inggris (LSM) yang bergerak cepat mengumpulkan donasi. "Kami ingin berbagi di tengah bencana ini," kata pria pecinta klub Aston Villa itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement