Ahad 16 Feb 2014 17:22 WIB

Kawasan Hutan di Batam Kembali Terbakar

Kebakaran hutan (ilustrasi)
Foto: EPA/Nuno Andre Ferreira
Kebakaran hutan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Kepala Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan Batam, Slamet menyatakan sepanjang Ahad (16/2) siang terdapat enam titik kebakaran terjadi di Batam.

"Sampai saat ini enam titik api ditangani petugas PBK dibantu tim Pemadam Pemkot Batam. Kebakaran terbesar terdapat di kawasan Bukit Palapa Tanjungpinggir, Sekupang yang berdekatan dengan Komplek Perumahan Dinas Kepala BP Batam, Wali Kota Batam dan pejabat teras di Batam lainnya," kata dia.

Ia mengatakan, kebakaran di Tanjungpinggir saat ini masih terus berkobar namun arahnya tidak mendekat ke kawasan pemukiman.

Namun asap pekat akibat hutan terbakar mengarah ke Rumah Sakit Otorita Badan Pengusahaan Batam. "Api pertama nampak sekitar pukul 11.00 WIB. Kondisi semak-semak di hutan yang kering dan angin kencang mengakibatkan api cepat merambat dan membesar. Namun tidak mengarah ke perumahan," ujar Slamet.

Ia mengatakan sejumlah mobil pemadam dan puluhan petugas Pemadam Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) BP Batam masih berupaya memadamkan api. "Hingga pukul 15.30 WIB sekitar lima hektar lahan sudah terbakar. Kami masih berupaya memadamkan apinya," kata Slamet.

Selain di Tanjungpinggir, Sekupang, kata dia, pada Jumat (14/2) siang kebakaran juga terjadi di kawasan wisata Nongsa, Kawasan Simpang Kara, Kongkow Batam Centre, Dam Duriangkang, Dam Tembesi, dan Dam Barelang. "Untuk yang lainnya sudah berhasil diatasi dan tidak sempat meluas. Dalam beberapa hari ini kebakaran sudah sering terjadi," kata dia.

Kondisi Batam yang sudah hampir dua bulan tidak hujan, cuaca panas, dan tiupan angin kencang membuat kebakaran sering terjadi. "Selain itu banyak juga masyarakat yang suka membuang puntung rokok sembarangan. Akibatnya sering mengakibatkan terjadinya kebakaran," kata dia.

Slamet mengimbau, masyarakat tidak suka membayar semak-semak dan membuang puntung rokok sembarangan untuk meminimalisir kebakaran di Batam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement