Sabtu 15 Feb 2014 15:15 WIB

Warga Diminta Waspada Asap Susulan

Kabut Asap/ilustrasi
Foto: antara
Kabut Asap/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) meminta masyarakat setempat dalam lima hari ke depan mewaspadai kabut asap kiriman dari kebakaran hutan dan lahan di provinsi tetangga.

"Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika (BMKG), lima hari ke depan kabut asap akan menyelimuti Sumbar, termasuk Solok Selatan yang dekat dengan pantai Barat. Asap tersebut merupakan asap kiriman dari provinsi tetangga, seperti Riau," kata Kepala BPBD Solok Selatan, Hamudis saat dihubungi, Sabtu (15/2).

Ia belum bisa memastikan sejauh mana ketebalan asap kiriman tersebut, namun pihaknya mengimbau masyarakat setempat menggunakan masker jika ingin bebepergian keluar rumah terutama yang menggunakan sepeda motor.

Ia mengatakan sampai saat ini jarak pandang di Solok Selatan masih di atas ambang batas normal. Sehingga kabut asap kiriman tersebut belum mengganggu jarak padang serta aktivitas masyarakat setempat.

Meskipun begitu, katanya lebih lanjut asap kiriman tersebut menghalangi sinar matahari sehingga membuat para petani yang akan menjemur padi terganggu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement