Sabtu 15 Feb 2014 13:29 WIB

Kemenkominfo: Layanan Telekomunikasi Pasca Kelud Meletus Berangsur Normal

 Petugas membantu warga korban erupsi Gunung Kelud turun dari truk ketika mengungsi di Balai Desa Tawang, Kecamatan Wates, Kediri, Jawa Timur, Jumat (14/2).
Foto: Antara/Rudi Mulya
Petugas membantu warga korban erupsi Gunung Kelud turun dari truk ketika mengungsi di Balai Desa Tawang, Kecamatan Wates, Kediri, Jawa Timur, Jumat (14/2).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Layanan dan kondisi infrastruktur telekomunikasi di sejumlah wilayah yang sempat terganggu akibat erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur mulai berangsur normal, kata Pejabat Kemenkominfo Gatot S. Dewa Broto.

"Up date terakhir terkait layanan dan infrastruktur telekomunikasi sejauh ini mulai back to normal," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Sabtu.

Gatot Dewa Broto mengatakan, beberapa BTS milik operator telekomunikasi di sejumlah titik memang sempat tidak berfungsi.

Menurut dia, gangguan ini disebabkan karena terputusnya suplai listrik(PLN) dan tertutupnya BTS oleh abu vulkanik yang sangat tebal.

Namun, kini kondisi mulai berangsur normal meski tetap di radius 20 km dari puncak Kelud masih belum kembali normal.

"Di obyek wisata dekat puncak Kelud, telekomunikasi memang masih belum bisa sambung dengan baik," katanya.

Tetapi, di luar area tersebut layanan telekomunikasi relatif cukup lancar meski terjadi lonjakan trafik telekomunikasi yang tinggi baik incoming maupun outgoing dalam dua hari terakhir.

Mulai 14 Pebruari 2014 pagi, kata Gatot, seluruh penyelenggara telekomunikasi terus melakukan perbaikan atau recovery sejauh areanya memungkinkan dan tidak termasuk zona berbahaya, karena hal itu dinilai tidak hanya penting untuk membantu komunikasi para aparat dan relawan, juga untuk komunikasi masyarakat pada umumnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement