Jumat 14 Feb 2014 23:35 WIB

Penerbangan Lokal di Banjarmasin Normal

Bandara Syamsudin Noor
Foto: Edwin / Republika
Bandara Syamsudin Noor

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Sejumlah penerbangan lokal di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, berjalan normal dan tidak terganggu seperti yang terjadi pada penerbangan ke Pulau Jawa akibat letusan Gunung Kelud.

Kepala Seksi Pelayanan Pelanggan PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor, Anwar Budi di Banjarbaru, Jumat, mengatakan, gangguan penerbangan hanya terjadi pada rute Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Penerbangan lokal normal sesuai jadwal, gangguan penerbangan hanya terjadi pada rute ke Bandara Juanda Surabaya, Adi Sucipto Yogyakarta, Adi Sumarmo Surakarta dan Ahmad Yani Semarang karena ditutup," ujarnya.

Disebutkan, penerbangan lokal yang tidak mengalami gangguan adalah rute Banjarmasin tujuan Baru Licin Kabupaten Tanah Bumbu, Kotabaru dan Tanjung Kabupaten Tabalong di wilayah Kalsel.

Dua rute antarprovinsi dari dan ke Bandara Syamsudin Noor yakni ke Sampit dan Pangkalanbun yang masuk wilayah Provinsi Kalimantan Tengah juga berjalan normal sesuai jadwal penerbangan.

"Rute penerbangan lokal sekali tidak terkena dampak, kecuali jumlah penumpang yang relatif berkurang karena penumpang luar daerah tidak bisa melanjutkan penerbangan ke rute lokal itu," ungkapnya.

Dia mengatakan, aktivitas di bandara yang terletak di Kota Banjarbaru itu berjalan normal, hanya saja kesibukan berkurang karena calon penumpang lebih sedikit akibat pembatalan jadwal penerbangan tersebut.

"Aktivitas bandara normal, hanya lebih sepi karena calon penumpang yang penerbangannya dibatalkan lebih memilih tidak mendatangi bandara," ujar pegawai senior di lingkungan PT Angkasa Pura I Banjarmasin itu.

Ditambahkan, ada 30 penerbangan yang dibatalkan yakni sembilan penerbangan pesawat Lion Air dari Banjarmasin ke Surabaya pulang pergi sehingga ada 18 penerbangan batal, kemudian Citilink dan Garuda dua kali terbang.

Enam penerbangan ke Jawa Tengah yang dibatalkan adalah Lion Air dari dan ke Yogyakarta empat kali penerbangan, dan Lion Air tujuan Semarang serta Kalstar tujuan Solo masing-masing dua kali penerbangan pergi pulang.

"Jadi, hanya penerbangan dari Banjarmasin ke Jawa Timur dan Jawa Tengah yang dibatalkan, sedangkan penerbangan ke kota lain termasuk penerbangan lokal normal sesuai jadwal," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement