Jumat 14 Feb 2014 23:01 WIB

Mendag Puji Gita Wirjawan

Rep: Nora Azizah/ Red: Mansyur Faqih
Muhammad Lutfi
Foto: Yogi Ardhi/ Republika
Muhammad Lutfi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muhammad Lutfi mengaku tak mudah menggantikan sosok Gita Wirjawan sebagai menteri perdagangan. "Beliau punya prestasi dan terobosan yang luar biasa selama masa jabatannya," katanya, Jumat (14/2). 

Lutfi menyebut, prestasi yang dilakukan Gita antara lain pengesahan UU Perdagangan beberapa waktu lalu. Undang-undang ini secara otomatis mengganti kedudukan UU warisan Belanda dulu yang dibuat pada era 1930-an. 

Namun, Lutfi menyatakan akan berusaha membawa kemendag menjadi lebih baik. Apalagi, institusi pemerintah tidak hanya bersifat sebagai fasilitator tetapi juga regulator.

Yang akan dilakukan antara lain, memperbaiki sistem yang tidak bagus. Kemudian, akan melakukan penindakan bila ditemukan kecurangan. "Banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan," katanya. 

Pada hari pertamanya menjabat, Lutfi sudah mendapatkan tugas mengenai harga cabai dan sayuran setelah meletusnya Gunung Kelud. Ke depannya, Luthfi akan menggenjot ekspor lebih baik lagi dengan mengedepankan produk dalam negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement