Jumat 14 Feb 2014 10:24 WIB

Abu Gunung Kelud Sampai Tasikmalaya

Abu vulkanis letusan Gunung Kelud mengguyur kota Yogyakarta, Jumat (14/2).
Foto: Republika/ Heri Purwata
Abu vulkanis letusan Gunung Kelud mengguyur kota Yogyakarta, Jumat (14/2).

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA--Hujan abu warna putih letusan Gunung Kelud, Jawa Timur, sampai ke wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat.

Salah seorang warga Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jajang mengatakan abu dari letusan Gunung Kelud itu terlihat tipis beterbangan dan menempel di genting rumah warga.

"Tadi pagi ada berita Gunung Kelud meletus, ketika keluar rumah melihat banyak abu di genting rumah, ternyata abunya sampai Tasikmalaya," kata Jajang.

Warga Kota Tasikmalaya lainnya, Sinta mengatakan abu banyak menempel di jok kursi sepeda motor dan daun.

"Abunya tidak terlalu tebal, tapi terlihat jelas menempel di jok sepeda motor dan daun," kata ibu rumah tangga warga Suryala, Kecamatan Cihideung itu.

Warga lainnya di Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Irwan mengatakan hujan abu letusan Gunung Kelud melanda kawasan Singaparna cukup tebal.

Hujan abu yang diketahui sekitar pukul 06.00 WIB, kata Irwan awalnya hanya terlihat tipis, kemudian terus terlihat cukup tebal."Abunya cukup tebal sampai sepeda motor saya penuh oleh debu," katanya.

Sementara itu aktivitas Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, meningkat, kemudian terjadi letusan Kamis (13/2) mulai pukul 22.56 WIB. Budi Suyanto

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement