Jumat 14 Feb 2014 07:45 WIB

Wakil Ketua DPR Puji Antisipasi Petugas Penanganan Letusan Kelud

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Julkifli Marbun
Pramono Anung
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Pramono Anung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Pramono Anung mengapresiasi petugas lapangan yang bertugas dalam penanganan letusan Gunung Kelud, Jawa Timur.

Menurut Pramono, penanganan lebih tertata karena diikuti dengan persiapan yang baik.

"Mudah-mudahan bisa menangani pengungsi dengan baik," ujar Pramono melalui akun Twitter-nya seperti dikutip, Jumat (14/2).

"Bagi yang akan membantu meringankan korban akibat letusan, yang diperlukan saat ini yang terutama adalah masker," kata Pramono.

Pramono menjelaskan, Gunung Kelud berada dalam status awas.

Masyarakat di sekitar gunung yang terakhir meletus 2007 tersebut, telah diungsikan dari Kecamatan Ngancar ke Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. 

Pemerintah Kabupaten Kediri, kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini, telah menyiapkan tempat pengungsian dengan daya tampung untuk 60 ribu pengungsi di Kecamatan Wates.

Lebih lanjut, Pramono mengatakan, hujan pasir akibat letusan Gunung Kelud, sudah merata dan sampai di Kota Kediri yang berjarak sekitar 25 km dari letusan.

Letusan minor terus terjadi dalam frekuensi yang lebih sering.

"Baru saja terjadi lagi letusan yang cukup besar dari jarak 25 km terasa kuat sekali," kata Pramono yang dalam Pemilihan Umum 2014 akan bertarung di daerah pemilihan Jatim VI meliputi Kediri, Tulungagung dan Blitar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement