Rabu 12 Feb 2014 20:53 WIB

Menkopolhukam dan KSAU Uji Coba Pesawat T-50i

Tim Aerobatik Jupiter TNI AU
Foto: blogspot.com
Tim Aerobatik Jupiter TNI AU

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Djoko Suyanto dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia melakukan uji coba pesawat tempur buatan Korea Selatan T-50i Golden Eagle dengan Call SignGolden Flight.

Mantan KSAU ini terbang bersama dengan Komandan Skadron Udara 15 Letkol Pnb Wastum dengan pesawat TT 5004. Sementara KSAU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia menggunakan pesawat TT 5008 diterbangkan Mayor Pnb Hendra Supryadi, yang take off dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (12/2).

Terbang dilaksanakan selama satu jam dengan rute Halim -Palabuhanratu - Halim. Selama terbang melaksanakan manuver seperti Loop Barrell Roll, Formasi dan Cugan 8 dimana ketika melaksanakan manuver tersebut KSAU langsung yang memegang kemudi pesawat.

KSAU mengatakan, TNI AU bangga karena pemerintah telah memberikan alutsista canggih berupa pesawat T 50i Golden Eagle?buatan Korea Selatan ini.

"Pesawat ini nantinya akan dioperasikan di Skadron Udara 15 Wing 3 Lanud Iswahyudi madiun menggantikan pesawat Hawk MK 53 setelah dioperasikan sejak tahun 1980-an. Dengan bertambahnya alutsista ini diharapkan mampu melaksanakan tugas lebih optimal dalam mengamankan dan menjaga keutuhan wilayah NKRI ini," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Skadron Udara 15 Wing 3 Lanud Iswahyudi Letkol Pnb Wastum merasa bangga memperoleh kesempatan menerbangkan pesawat tempur T 50i Golden Eagle buatan Korea ini. "Pesawat ini sangat canggih dilengkapi dengan sistem avionik digital, persenjataan dan Radar Warning Receivers (RWR) sehingga mampu mendeteksi keberadaan musuh dari segala arah," kata Wastum.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement