Selasa 11 Feb 2014 19:21 WIB

Mendagri Berangkat Lantik Soekarwo-Saifullah Yusuf

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Julkifli Marbun
Gamawan Fauzi
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Gamawan Fauzi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tetap akan melantik pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Jawa Timur, Soekarwo - Saifullah Yusuf. Pengangkatan tersebut akan berlangsung Rabu (12/2) di Surabaya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi mengatakan, pelantikan tetap berlangsing. Pihaknya akan berangkat ke Surabaya pagi ini. Soal keberatan Khofifah dan tim kuasa hukumnya, dia tetap menghormati.

"Mereka juga harus hormati pelantikan ini dulu. Kalau nanti ada keputusan hukum baru, maka dia juga tetap akan menghormati," kata Gamawan pada Republika usai penutupan rakornas pemantapan persiapan Pemilu 2014 di JCC, Senayan, Selasa (11/2)

Namun, kalau tim kuasa hukum Khofifah hendak mengajukan gugatan ke Kemendagri atas pelantikan tersebut, pihaknya tetap menghormati. Terpenting, pelantikan di Jatim tetap harus berlangsung, karena dasar hukumnya jelas.

Dia menambahkan, pihaknya telah memperhatikan semua proses yang berlangsung, hingga mengajukan permohonan sengketa ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya, semua sudah sesuai prosedur, dan putusan hukumnya harus dijalankan.

"Keberatan hukum yang mereka hendak persoalkan itu kan baru akan berjalan. Silahkan saja berlanjut, kami hormati," ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement