Senin 10 Feb 2014 07:59 WIB

Penderita Diare Meningkat

Penyakit diare (ilustrasi).
Foto: xamthon.net
Penyakit diare (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG- Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan mengatakan, pada saat musim penghujan sekarang ini penyakit yang cukup meningkat seperti penderita demam berdarah dan diare, karena itu pihaknya mengimbau untuk selalu menjaga kesehatan.

"Di daerah-daerah banjir atau rawan banjir, jumlah pasien penyakit diare pasti meningkat," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan, Fenty Aprina ketika ditanya penyakit yang meningkat di Palembang, Senin (10/2).

Fenty menambahkan di daerah-daerah yang banjir sudah mereka berikan air rahmat untuk penjernih air. Ia mengatakan, selain itu pihaknya juga membagikan bubuk abate kepada pihak kabupaten dan kota guna mencegah penyakit tersebut.

Petugas kesehatan juga ada pemeriksaan jentik berkala, jika di tempat air ada jentik nyamuk dibagikan bubuk abate, itu sudah rutin dilakukan. "Saat ini sedang trend penyakit yang ditularkan oleh vektor karena nyamuk," ujarnya.

Sayangnya, ia tidak menyebutkan jumlah penderita demam berdarah dan diare di Sumsel. Namun begitu, menurutnya yang paling efektif untuk mencegah penyakit tersebut dengan pemberdayaan masyarakat melakukan gerakan 3 M ( menguras, menutup dan mengubur) tempat-tempat ada airnya. Kemudian pada saat bepergian agar menggunakan baju lengan panjang, celana panjang, bisa juga memakai autan atau dengan semprot.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement