Ahad 09 Feb 2014 19:22 WIB

16 CCTV Bakal Intai Jalan Pasteur

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kamera CCTV
Kamera CCTV

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung akan memasang 100 unit kamera pengintai di berbagai titik di Kota Bandung tahun ini. 16 unit kamera pengintai diletakkan di Jalan Pasteur. Jalan Pasteur menjadi prioritas pemasangan karena dinilai paling rawan kejahatan saat malam hari.

"Prioritas di Jalan Pasteur. Dari pintu keluar tol Pasteur hingga ujung Jalan Pasteur, akan dipasangi 16 unit CCTV (kamera pengintai). Lagi di-order," kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Ahad (9/2).

Dikatakan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, 16 unit kamera pengintai yang dipasang di Jalan Pasteur merupakan CCTV paling canggih diantara CCTV lain. Kecanggihan yang dimaksud yakni CCTV tersebut dapat mengintai 360 derajat atau berputar serta bisa memperbesar gambar dengan kualitas yang sangat baik. Sehingga diharapkan dapat mengetahui pelaku kejahatan secara detail.

Rencananya, 16 kamera pengintai itu akan dipasang dalam kurun waktu seminggu ke depan. "Itu kan sistemnya tidak langsung jadi. Harus ada ruang buat monitoring, server dan lain-lain," katanya.

84 kamera lainnya, kata Emil, akan diprioritaskan pada ruas jalan yang rawan terjadi aksi kriminalitas. Untuk itu Pemkot akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait hal ini. Hingga saat ini, ia mengaku belum menerima rekomendasi dari kepolisian terkait daerah-daerah yang rawan terjadi kejahatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement