Sabtu 08 Feb 2014 22:49 WIB

Masa Tanggap Darurat Sinabung Diperpanjang

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Joko Sadewo
Awan panas Gunung Sinabung
Foto: AP
Awan panas Gunung Sinabung

REPUBLIKA.CO.ID, KABANJAHE -- Jumlah pengungsi di 42 posko bencana Gunung Sinabung hingga Sabtu  (8/2) malam tercatat ada 32.351 jiwa. Menurut juru bicara koordinator posko utama Sinabung di Kabanjahe, Jhonson, jumlah tersebut mengalami peningkatan enam orang pengungsi sejak kemarin.

 

"Sinabung masih erupsi dan ada gempa-gempa kecil yang menunjukan aktivitas, jadi warga memilih diam di pengungsian,”ujar koordinator Media Center Jhonson Sabtu.

 

Pantauan Republika, hingga Sabtu Sore Gunung Sinabung masih menunjukan aktivitas seperti hari-hari sebelumnya. Karena kondisi yang tak kunjung menunjukan tanda-tanda penurunan, status tanggap bencana di sana pun diperpanjang hingga 15 Februari mendatang.

 

Keputusan perpanjangan masa tanggap bencana ini akan mulai diterapkan dari tanggal 9 Februari besok. Sejumlah relawan mengaku siap untuk membantu pengungsi melewati masa tanggap bencana ini.

“PMI (Palang Merah Indonesia) sudah siap. Kami akan terus menyuplai bahan makanan dan air bersih ke seluruh pos penampungan seiring dengan diperpanjangnya status darurat tanggap bencana ini,” ujar Koordinator PMI untuk bencana Sinabung Junaedi di Kabanjahe, Karo Sabtu (8/2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement