Sabtu 08 Feb 2014 08:33 WIB

Pengungsi Sinabung Mengadu ke Kapolda Soal Tahu

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Joko Sadewo
Tahu sumedang
Foto: rajarasa.com
Tahu sumedang

REPUBLIKA.CO.ID, KARO -- Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Syarief Gunawan menginstruksikan anggotanya yang menjaga pos pengungsian agar tetap semangat mengemban tugas. Meskipun, para polisi sudah berbulan-bulan harus menemai para pengungsi di pos penampungan.

 

“Kesiapan anggota sudah dicek dalam membantu pengungsi, mereka juga harus siap sampai nanti Pemilu Legislatif (pada bulan April),” ujar Syareif di Pos Pengungsian desa Tanndjung Pulo kepada Republika kemarin.

 

Jenderal bintang dua ini mengatakan, selain melakukan pengecekan, Polda juga bersama Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan bantuan kemanusiaan. Sejumlah sayur mayur, makanan berupa tahu, dan obat-obatan didistribusikan ke pos berpenghuni 720 orang itu.

 

Di tengah kunjungannya kepada warga, Syarief mendapat keluhan dari pengungsi jika mereka belum pernah memakan tahu. Sehingga, sumbangan tahu bisa saja tidak dimakan pengungsi. Walaupun rasa penasaran juga tampak dari pengungsi pada panganan dari kacang kedelai ini.

 

Syarief kemudian mengatakan, meski pengungsi tak pernah mencicipi tahu, ia mewanti-wanti warga agar paham tahu yang lain. “Biarpun tidak pernah tahu apa itu rasa tahu, tapi kami harap kawan-kawan (pengungsi) di sini tahu kesehatan, tahu ketertiban dan tahu seperti apa menjaga keamanan di pengungsian. Semoga ketabahan menaungi kawan-kawan semua,” ujar polisi berkumis tebal ini.

 

Pengungsi di pos Desa Tandjung Pulo ini berasal dari Desa Kutambaru. Desa tersebut terletak di kecamatanTiganderke yang dalam sebulan terakhir ini kerap dihujani abu vulkanik. Lokasi penampungan sendiri berjarak 20 Km dari posko utama bantuan di Kabanjahe, Karo. Untuk mencapai pos ini, perlu perjalanan 1,5-2 jam karena kontur jalan yang buruk.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement