Jumat 07 Feb 2014 17:15 WIB

Thomas Djamaluddin Resmi Jabat Kepala Lapan

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Mansyur Faqih
Prof Dr Thomas Djamaluddin
Prof Dr Thomas Djamaluddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli antariksa Thomas Djamaluddin resmi dilantik menjadi Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Pelantikan dilakukan oleh Menristek Gusti Muhammad Hatta di kantor Lapan di Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (7/2).

Ia menggantikan Bambang Setiawan Tejasukmana yang telah memasuki usia pensiun. Sebelumnya Thomas menjabat sebagai Deputi Bidang Sains, Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan. 

Dalam sambutannya Gusti mengatakan, Lapan memiliki peran khusus di bidang penerbangan dan antariksa. Wilayah Indonesia yang luas menjadikan penguasaan bidang antariksa suatu keharusan. 

"Pasar ekonomi bebas Asia menjadi peluang dan ancaman. Karena itu pengembangan teknologi bidang antariksa, pesawat, roket dan satelit harus dilakukan," ujar Gusti. 

Dia berharap di kepemimpinan yang baru, Lapan mampu mengembangkan rancang bangun pesawat, peningkatan teknologi penginderaan jauh di Pare-Pare, roket untuk cuaca dan akuisisi pengolahan cuaca.  

Bisnis antariksa dan penerbangan Indonesia berkembang cepat. Sehingga fenomena cuaca, seperti perubahan iklim, badai matahari, penentuan benda angkasa dan hilal menjadi perhatian masyarakat. 

"Informasi tentang antariksa penting. Indonesia harus fokus pada pembangunan ekonomi berbasis iptek," kata Gusti. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement