Jumat 07 Feb 2014 13:54 WIB

Akses Cilograng-Sukabumi Nyaris Lumpuh

Jalan rusak dan berlubang (Ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Jalan rusak dan berlubang (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Ruas jalan Cilograng di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang menghubungkan dengan Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, kondisinya rusak berat akibat curah hujan tinggi di daerah itu.

"Kami sangat prihatin melihat kondisi jalan yang menghubungkan antarprovinsi itu rusak berat dan sebagian berlubang-lubang," kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat kunjungan kerja ke Kecamatan Cilograng, Jumat.

Menurut dia, jalan sepanjang 40 kilometer itu berstatus jalan nasional dan kewenanganya ada di Pemerintah Provinsi Banten. Namun, saat ini kondisi jalan dibiarkan rusak sehingga nyaris lumpuh akses lalu lintas di daerah itu.

Para pengemudi terpaksa memperlambat laju kendaraanya, karena banyak ditemukan lubang-lubang dengan ketinggian antara 20-30 sentimeter.

Kerusakan jalan yang menghubungkan Kabupaten Lebak dan Kabupaten Sukabumi itu tentu berdampak terhadap perekonomian masyarakat setempat. Apalagi, petani di wilayah Lebak selatan meliputi beberapa kecamatan mereka menjual hasil produksinya ke Sukabumi.

"Kami berharap kondisi jalan itu segera diperbaki guna menopang perekonomian masyarakat," ujarnya.

Ia menyebutkan, pemerintah daerah sudah mengajukan pada Kementerian Pekerjaan Umum agar jalan nasional tersebut bisa direalisasikan pembangunanya. Sebab pemerintah daerah memprogramkan percepatan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap pengajuan jalan nasional itu dapat diperbaiki sehingga akses ekonomi menggeliat kembali," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement