Jumat 07 Feb 2014 00:51 WIB

'Park Ranger' Pembersih Sampah

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Julkifli Marbun
Sejumlah warga melakukan aksi dengan menumpahkan sampah ke Jalan Ciwalen, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (15/11).
Foto: Antara/Feri Purnama
Sejumlah warga melakukan aksi dengan menumpahkan sampah ke Jalan Ciwalen, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (15/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Bandung untuk menyelesaikan permasalahan sampah. Salah satunya Pemkot akan menerjunkan 'Park Ranger' untuk membersihkan taman-taman yang ada di Kota Bandung dalam waktu dekat.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, sebanyak enam puluh personil 'Park Ranger' telah disiapkan. Mereka ditugasi untuk membersihkan sekitar empat puluh taman yang ada di Kota Bandung.

"Kerjanya pagi dan sore saja bersihin taman-taman. Minggu ini akan mulai dilaksanakan," katanya saat ditemui di Balai Kota, Jalan Wastukencana, Kamis (6/2).

Pria yang akrab disapa Emil ini berharap tidak ada lagi warga yang melihat sampah berserakan di taman. Sehingga warga yang berada di taman tidak menemui ada sampah tercecer dan bisa menikmati kebersihan taman.

Namun, Emil juga meminta kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. "Adanya 'Park Ranger' bukan berarti justru malah seenaknya membuang sampah," ujarnya.

Meski demikian, Emil mengaku 'Park Ranger hanya dilakukan untuk jangka pendek. Dalam jangka panjang nantinya akan ada penjaga taman secara permanen. Di setiap taman nantinya akan dijaga oleh satu petugas.

Petugas tersebut juga akan menjaga taman baca, toilet dan kios minuman atau makanan ringan. "Jadi mereka juga bisa berdagang. Kita win-win solution dengan mereka," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement