Kamis 06 Feb 2014 20:25 WIB

Din Syamsudin: Saatnya Islam Membangkitkan Iptek

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin
Foto: Republika
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsudin mengatakan dunia Islam sekarang mengalami keterpurukan. Karenanya perlu ada komitmen menjadikan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai kekuatan pendorong ke arah kemajuan.

"Dalam hadits disebutkan jika ingin menguasai dunia, maka kuasailah ilmu," kata Din yang menjadi pembicara kunci pada seminar 'The Role of Islamic Universities in Driving Forward the Awakening of Islamic World' di kampus Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) di Jakarta, Kamis (6/2).

Dikatakan Din, beberapa dekade ini dunia Islam hanya jadi konsumen produk-produk iptek dunia Barat, karena itu sudah saatnya dunia Islam bangkit dan menggalakkan riset sehingga juga bisa menjadi produsen iptek untuk kemaslahatan umat manusia.

Menurutnya universitas-universitas Islam perlu didorong agar menjadi pusat unggulan iptek, karena universitas memiliki sumber daya manusia, faktor utama untuk mencapai kemajuan. Negara-negara Muslim, ujarnya, memiliki empat kekuatan untuk maju, yakni nilai-nilai Islam, sejarah kejayaan masa lalu, sumber daya alam dan sumber daya manusia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement