Kamis 06 Feb 2014 06:39 WIB

BMKG: Hujan Masih Guyur Jakarta Hingga Jumat

Bersepeda motor saat hujan. Ilustrasi.
Foto: ROL
Bersepeda motor saat hujan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Jakarta masih akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hingga Jumat (7/2).

"Dalam dua hari ini diprediksi hujan sedang hingga lebat terutama di wilayah Jakarta Utara, Pusat dan Barat pada dini hari dan pagi hari," kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya di Jakarta, Kamis (6/2).

Berdasarkan analisa dinamika atmosfer, hujan tersebut terjadi akibat menguatnya beberapa pusat tekanan rendah yang berderet di sekitar Australia bagian utara. Kelembaban udara di lapisan 850 mb masih cukup tinggi melebihi 80 persen di wilayah Sumatera bagian selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Daerah pumpunan masa udara (konvergensi) memanjang dari pesisir barat Sumatera bagian selatan hingga perairan selatan Jawa. Selain itu, terjadi air pasang di wilayah Jakarta dengan ketinggian maksimum 0,8 meter pada Rabu-Kamis (4-5/2).

Sementara untuk wilayah Bogor, Tangerang, Bekasi, dipredisksi hujan lebat terjadi di wilayah Bekasi dan Tangerang pada malam/dini hari. Sedangkan Bogor dan Depok hujan lebat terjadi pada sore/malam hari.

Untuk wilayah lainnya, BMKG memprediksikan hujan lebat juga terjadi di Lampung, Bengkulu bagian selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur bagian timur dan selatan, Sulawesi Selatan bagian utara, Sulawesi Tenggara bagian utara dan Papua timur bagian selatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement