Sabtu 01 Feb 2014 22:25 WIB

Sinabung Belum Dinyatakan Sebagai Bencana Nasional

 Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (1/2).  (AP Photo)
Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (1/2). (AP Photo)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono mengatakan, pemerintah selalu siap mengatisipasi setiap bencana yang terjadi, termasuk bencana erupsi Gunung Sinabung, Sumetara Utara (Sumut).

''Semua bencana alam mendapat perhatian serius pemerintah, begitu juga dengan bencana erupsi Gunung Sinabung, namun pemerintah belum menggolongkan sebagai bencana nasional,'' ujar Agung saat dihubungi Republika, Sabtu (1/2).

Agung mengungkapkan, berdasarkan laporan sementara yang diterimanya dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), akibat erupsi Gunung Sinabung yang menggeluarkan awan panas pada Sabtu (1/2), telah menelan korban jiwa, 11 orang meninggal dunia yang di evakuasi dari Desa Sukameriah yang berjarak tiga kilometer dari puncak kawah Gunung Sinabung.

''Korban sudah di evakuasi dan delapan korban sudah diidentifikasi, sedangkan tiga korban masih belum diketahui identitasnya,'' terangnya yang juga mengungkapkan pihaknya dengan kementerian terkait telah membantu dan menyalurkan bantuan ke 25 ribu pengungsi yang tercatat.

Agung mengaku sudah diperintahkan Presiden SBY untuk mengambil langkah-langkah antisipasi. "Terutama untuk menyelamatkan mereka yang terdampak atau menjadi korban,'' tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement