Rabu 29 Jan 2014 22:04 WIB

Hebat... KPK Tantang Anas Buka Ibas di BAP

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Joko Sadewo
Johan Budi
Foto: Antara/Reno Esnir
Johan Budi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah dua kali menjalani pemeriksaan terhadap tersangka yang juga mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum sejak penahanannya.

KPK menilai kesempatan itu harus digunakan Anas untuk mengungkap nama-nama lain yang diduga terlibat seperti Sekjen Partai Demokrat, Edhie 'Ibas' Baskoro Yudhoyono.

"Dari awal sudah disampaikan, ini kesempatan Anas kalau memang memperoleh data keterlibatan Ibas, silakan sampaikan dalam pemeriksaan, tentu akan ditindaklanjuti penyidik, bukan dengan statement harus periksa Ibas," kata juru bicara KPK, Johan Budi SP dalam jumpa pers di gedung KPK, Jakarta, Rabu (29/1).

Johan menambahkan tim penyidik KPK pasti akan menindaklanjuti jika ada informasi valid yang disampaikan Anas. Jika Anas mengungkapkan informasi tersebut, hal itu akan dimasukkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Ia membuka kesempatan kepada Anas mengenai data dan informasi pengakuan. Meski dalam dua pemeriksaan ini, KPK belum memasuki materi yang dalam kepada Anas. "Nanti dituangkan dalam BAP, ini jadi panduan untuk follow up, validasi informasi dari Anas. Penyidik kan bertanya sesuai dengan sangkaannya, tapi kalau dia mau kan bisa beri informasi," tegas Johan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement