Rabu 29 Jan 2014 11:31 WIB

Normalisasi Sungai Cisadane Dimulai Tahun 2015

Sungai Cisadane
Foto: tkcmindonesia.com
Sungai Cisadane

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Normalisasi sungai cisadane di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang, Banten, akan dimulai tahun 2015.

"Normalisasi sungai cisadane akan mulai dikerjakan tahun depan yakni tahun 2015," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di Tangerang, Rabu.

Ia mengatakan, anggaran untuk normalisasi sungai cisadane di Tangerang yakni RP1,9 Triliun. Dana itu berasal dari Kementrian Pekerjaan Umum.

Adapun durasi pengerjaan normalisasi sungai cisadane, lanjut Arief, dikerjakan selama tiga tahun yakni sejak tahun 2015 - 2018.

Sementara itu, sungai cisadane di Kota Tangerang yakni sepanjang 21 kilometer. Sebelum proses kerja normalisasi dimulai, Pemkot Tangerang akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Sosialisasi kepada masyarakat dilakukan karena adanya warga yang bermukim di bantaran sungai cisadane. Sehingga, ketika proses pengerjaan oleh Kementrian PU, maka tidak ada kendala lagi.

"Tahun ini akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar bantaran sungai cisadane. Agar proses normalisasi berjalan lancar," ujarnya.

Perlu diketahui, normalisasi sungai cisadane dilakukan kementrian Pekerjaan Umum setelah adanya permintaan dari Pemkot dan Pemkab Tangerang.

Hal itu karena sejumlah perumahan di Kota dan Kabupaten Tangerang terendam banjir akibat meluapnya air dari sungai cisadane.

Selain itu, adanya rencana sodetan ciliwung - cisadane yang digagas Pemprov DKI Jakarta. Tetapi, rencana itu batal dilaksanakan karena Pemkot dan Pemkab Tangerang menolaknya dan meminta dilakukan proses normalisasi sungai cisadane terlebih dahulu.

Kementrian Pekerjaan Umum melalui Sumber Daya air pun menyetujuinya, begitu pula dengan Pemprov DKI Jakarta yang mendukung proses normalisasi sungai cisadane.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement