Jumat 24 Jan 2014 16:41 WIB

'Green Office' Ala Bio Farma

Rep: Sandy Ferdiana/ Red: Joko Sadewo
Bio Farma
Foto: TVC
Bio Farma

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Meski terletak di daerah perkotaan, Jl Pasteur No 28 Kota Bandung, PT Bio Farma (persero) berupaya menjadikan kawasan kantornya sebagai area bebas polusi. Upayanya berawal dengan menyiapkan area parkir ramah lingkungan.

Ke depannya, kawasan perkantoran PT Bio Farma hanya boleh didatangi oleh kendaraan yang telah dinyatakan lulus uji emisi. PT Bio Farma sengaja bekerjasama dengan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) dan Dinas Perhubungan Kota Bandung untuk menguji emisi kendaraan roda empat secara gratis.

Sebagai tahap awal, uji emisi diberlakukan kepada seluruh kendaraan operasional perusahaan dan kendaraan pribadi milik karyawan Bio Farma. Kegiatan ini berlangsung 23-24 Januari 2014 di halaman depan Bio Farma. Uji emisi merupakan upaya untuk mengukur emisi gas buang dari kendaraan bermotor yang berbahan bakar bensin dan solar dengan menggunakan gas analyzer.

Tujuannya, menurut Head of Corporate Communication Department Bio Farma N Nurlaela, untuk menciptakan udara yang bersih sebagai sumber daya alam. Tentunya, sambung dia, udara yang bersih akan mempengaruhi kehidupan manusia serta terwujudnya pelestarian lingkungan hidup.

Program bebas uji emisi ini diaksanakan oleh Bio Farma sejak 2010. Kegiatan ini merupakan salah satu program perusahaan untuk mewujudkan lingkungan perusahaan yang sehat bersih dan berwawasan lingkungan green office.

Bertepatan dengan kegiatan Uji Emisi Kendaraan tahun ini, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun akan menetapkan Gedung Publik II PT Bio Farma sebagai Gedung Parkir Emisi Bersih Ramah Lingkungan yang pertama untuk kantor BUMN di Kota Bandung, bahkan di Provinsi Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement