Jumat 24 Jan 2014 14:25 WIB

Yogya Seleksi Camat dengan Terbuka

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.
Foto: Antara/Regina Safri
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota Yogyakarta tahun ini melakukan terobosan dalam seleksi penempatan camat. Kali ini seleksi camat di Kota Yogyakarta dilakukan secara terbuka, Jumat (24/1).

Para pegawai negeri sipil (PNS) yang memiliki golongan sesuai untuk jabatan camat diikutkan dalam seleksi tersebut. Seleksi camat di Kota Yogyakarta dilakukan melalui beberapa tahapan, baik seleksi kognitif, fisik maupun tertulis.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, proses seleksi terbuka bagi camat di Kota Yogyakarta ini baru dilakukan pertama kali. Terobosan ini menurutnya, dilakukan untuk mencari PNS yang benar-benar berkualitas untuk duduk menjadi camat.

"Camat itu langsung berhubungan dengan masyarakat, mereka kepanjangtanganan pemerintah di wilayah sehingga harus dicari yang profesional," ujarnya.

Seleksi terbuka kali ini diikuti oleh 57 orang yang merupakan para Sekretaris Camat dan Lurah di Kota Yogyakarta. Mereka mengikuti seleksi secara fisik berupa latihan fisik di Mandala Krida Yogyakarta.

Selama seleksi, seluruh kandidat berlari mengitari Stadion Mandala Krida selama 15 menit kemudian sit up. Sebelumnya, para kandidat menjalani tes tertulis berkaitan dengan wewenang Camat di wilayah.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta pun turut melakukan pendampingan selama seleksi berlangsung. Menurut Haryadi, kebugaran menjadi salah satu tolok ukur yang cukup diperhatikan.

Harapannya, seorang camat mampu cekatan dalam berbagai kondisi saat menjadi pelayan masyarakat. Ke depan, pihaknya juga akan melakukan evaluasi terhadap perekrutan jabatan lain.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement