Jumat 24 Jan 2014 13:53 WIB

Waspada, Tol Cipularang Ambles di KM 74 Arah Bandung

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Hazliansyah
Sejumlah petugas Bina Marga dan Dinas Pekerjaan Umum Cirebon memantau jalur Pantura yang ambles di Desa Mandalawangi, Ciasem, Subang, Jawa Barat, Rabu (22/1).  (Antara/Novrian Arbi)
Sejumlah petugas Bina Marga dan Dinas Pekerjaan Umum Cirebon memantau jalur Pantura yang ambles di Desa Mandalawangi, Ciasem, Subang, Jawa Barat, Rabu (22/1). (Antara/Novrian Arbi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Diguyur hujan deras secara terus menerus, konstruksi jalan Tol Cipularang akhirnya ambles. Kondisi tersebut terjadi di KM 72+800 jalur Jakarta menuju Bandung, tepatnya di Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Purwakarta, Jawa Barat.

Akibat kejadian itu, arus lalu lintas menjadi terganggu. Petugas menutup satu lajur untuk mencegah timbulnya kecelakaan.

KBO Satlantas Polres Purwakarta, Iptu Rullyanto Pahroen, mengatakan, jalan ambles itu sedalam 15 centimeter. Adapun penurunan tersebut, sepanjang 50 meter dengan lebar sekitar empat meter.

"Untuk mengantisipasi kemacetan, kami berlakukan rekayasa lalu lintas. Dengan pola penyempitan jalan. Jadi, kendaraan yang melintas hanya menggunakan satu lajur," ujarnya, Jumat (24/1).

 

Rully menuturkan, peristiwa ini terjadi pada Jumat dini hari. Penyebab amblesnya ruas jalan tersebut, diakibatkan tanah yang labil. Diperparah lagi dengan curah hujan yang tinggi. Sehingga, tanah tersebut mengalami gerakan dan bergeser.

Akan tetapi,  jalan amblas ini belum terlalu mengganggu arus lalu lintas menuju Bandung. Sebab, lokasi amblesnya sendiri ada di bahu jalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement