Jumat 24 Jan 2014 13:28 WIB

Peran Guru Agama Tak Sekadar Beri Pelajaran

Seorang guru sedang mengajar para siswa. (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Seorang guru sedang mengajar para siswa. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Para guru pendidikan agama Islam tak sekadar bertanggung jawab memberikan pelajaran kepada siswanya di kelas, akan tetapi juga semakin dituntut menjadi teladan berperilaku sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai Islam, kata pejabat Kementerian Agama (Kemenag), Nifasri Moh Nir.

"Guru PAI tidak hanya memberi materi agama Islam terhadap peserta didik, tetapi juga memberikan teladan yang baik sesuai dengan tuntunan dan nilai-nilai Islam," katanya saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Magelang di Magelang, Jumat (24/1).

Nifasri Moh Nir yang Kepala Sub-Bidang PAI Sekolah Menengah Pertama Direktorat Pendidikan Agama Islam Sekolah pada Kementerian Agama RI itu mengatakan hal tersebut pada kuliah umum di UMM dengan tema "Isu-Isu Strategis Perkembangan Pendidikan Islam".

Ia mengemukakan bahwa perkembangan pendidikan Islam sebagai suatu keniscayaan yang harus diikuti dengan pengembangan kompetensi guru. "Dalam hal ini adalah guru PAI yang melibatkan kompetensi personal, sosial, pedagogik, profesional, dan kepemimpinan spiritual," katanya.

Guru PAI, katanya, secara moral bertanggung jawab terhadap perkembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan anak didik yang berhubungan dengan berbagai materi keagamaan.

Oleh karena itu, katanya, guru PAI dituntut meningkatkan diri, antara lain dengan mengikuti perkembangan era kesejagatan untuk memberikan jaminan mutu profesi. "Yang diikuti dengan keteladanan yang membumi kepada peserta didik," katanya pada kuliah umum yang dibuka oleh Rektor UMM Eko Muh Widodo.

Ia menyebut tidak mudah tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh guru PAI. "Bahkan mungkin lebih berat dibandingkan dengan guru mata pelajaran lainnya, sebab guru PAI terkait dengan peserta didik yang memiliki latar belakang keagamaan yang beragam dan permasalahan yang kompleks," katanya.

Dekan Fakultas Agama Islam UMM Imam Mawardi mengatakan peserta kuliah umum berjumlah 64 mahasiswa penerima beasiswa Kemenag RI pada 2013 yang bekerja sama dengan FAI UMM.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement