Kamis 23 Jan 2014 16:56 WIB

Tanah Ambles, 27 Rumah Rusak Berat

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Dewi Mardiani
Rumah Rusak (Ilustrasi).
Foto: IST
Rumah Rusak (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sedikitnya 27 rumah rusak berat dan ringan setelah terjadi pergerakan tanah di lingkungan pemukiman Trangkil Baru, Kamis (23/1). Akibatnya 30 kepala keluarga (KK) harus yang tinggal di lingkungan RT 06/ RW 10 Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang ini harus mengungsi.

 

Pergerakan tanah juga merusakkan jalan dan mengancam belasan rumah warga Perumahan Trangkil Sejahtera, yang berdekatan dengan lokasi pemukiman ini.

 

Menurut penuturan warga setempat, pergerakan tanah terjadi setelah wilayah Kota Semarang diguyur hujan selama hampir sepekan. “Awalnya hanya satu rumah, milik Agus Kushendratno pada Ahad (19/1),” jelas Hanif (31 tahun), saat dikonfirmasi di rumahnya.

 

Saat itu, jelasnya, rumah pak RT (red; Agus Kushendratno) lantainya ambles dan bangunannya retak dan miring, akibat tanah bangunan ini bergeser. Puncaknya, pada Kamis pagi, saat terjadi pergerakan tanah lebih besar. Akibatnya rumah Agus yang sebelumnya sudah miring, roboh.

 

Pergerakan tanah ini juga menyebabkan bangunan rumah lain rusak parah dan bebeerapa titik jalan utama pemukiman ini ambles di beberapa titik. “Yang terparah di depan rumah pak Agus Kushendratno yang ambles hingga 75 centimeter dan membuat jalan terputus,” tambahnya.

 

Beruntung, lanjutnya, tidak ada warga yang menjadi korban jiwa dalam bencana ini. Karena sudah sejak pukul 06.00 WIB sudah meninggalkan rumah untuk mengungsi. Warga sudah mengantisipasi ketika banyak terjadi retakan pada beton jalan utama di pemukiman ini, akibat hujan yang turun sejak Jumat pekan lalu.

 

“Jadi saat terjadi beberapa kali pergerakan tanah, seluruh rumah yang mengalami kerusakan ini sudah ditinggalkan penghuninya mengungsi di kampung sebelah,” tambahnya.

 

Pengurus RW setempat, Ari Wibowo (55) membenarkan, selama Kamis pagi terjadi beberapa kali pergerakan tanah di lingkungan Trangkil Baru ini. Menurutnya, pukul 07.00 WIB, beton jalan di dekat rumah Agus Kushendratno baru retak rambut. Kurang dari tiga jam, retakan rambut ini sudah ambles 75 cm.

 

Hasil pendataan RW, tercatat 27 rumah warga Trangkil Baru ini mengalami kerusakan. Sebanyak 13 di antaranya mengalami kerusakan parah. Pergerakan tanah juga mengakibatkan jalan di perumahan trangkil Sejahtera longsor dan ambles sedalam lebih dari 2 meter lebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement