Rabu 22 Jan 2014 17:32 WIB

Aktivis Galang Bantuan untuk Sinabung

  Gunung Sinabung memuntahkan lava panas seperti yang terlihat dari Desa Jeraya, Sumatera Utara, dalam foto yang diambil pada Ahad (5/1).   (AP/Binsar Bakkara)
Gunung Sinabung memuntahkan lava panas seperti yang terlihat dari Desa Jeraya, Sumatera Utara, dalam foto yang diambil pada Ahad (5/1). (AP/Binsar Bakkara)

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Puluhan aktivis dari berbagai organisasi internal dan eksternal kampus di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, membentuk koalisi penggalangan dana masyarakat guna membantu korban letusan Gunung Sinabung, Sumatera Utara.

"Kami akan menggalang bantuan dari masyarakat untuk diserahkan kepada korban letusan Gunung Sinabung. Kami berharap masyarakat yang memiliki kelebihan rezeki membantu saudara-saudara kita di Sinabung," kata Ketua Koordinator Koalisi Pedulu Sinabung Anton Hattawijaya, di Tanjungpinang, Rabu.

Koliasi Peduli Sinabung digagas olehnya, dan juga mantan Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Tanjungpinang Askarmin Harun serta Ketua Komunitas Bakti Bangsa Eva Fransiska.

Anton, yang juga Dewan Pembina Lembaga Advokasi Kebijakan Publik mengemukakan, kegiatan ini melibatkan beberapa pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Jumlah mahasiswa yang menjadi relawan dalam menggalang bantuan dari masyarakat sekitar 40 orang.

Untuk penggalangan dana dan bantuan dalam bentuk lainnya di Tanjungpinang dikoordinir oleh Hendri, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji, sedangkan di Bintan dikoordinir La Ode Mukmin, Ketua Lembaga Advokasi Kebijakan Publik Kepri.

Penggalangan bantuan mulai dilakukan Senin 27 Januari 2014 selama sekitar dua minggu. Para relawan akan menggalang dana masyarakat Tanjungpinang di simpang Pamedan, simpang Batu 6 dan Batu 7, simpang Bintan Centre dan Melayu Square.

Selain itu, penggalangan dana juga dilakukan di kampus.

"Kalau di Bintan dilakukan di Kijang, Kecamatan Bintan Timur," ujarnya.

Posko Koalisi Peduli Sinabung menggunakan Sekretariat Komunitas Bakti Bangsa. Bantuan berupa makanan dan barang yang butuhkan korban di Gunung Sinabung akan dikumpulkan di posko.

Sedangkan dana yang terkumpul dipegang oleh Bendahara Koalisi Peduli Sinabung, Inthan Rachmawati, yang juga Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji.

"Dana tersebut akan disalurkan melalui rekening bantuan Sinabung yang dibuka Palang Merah Indonesia," ungkapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement