Selasa 21 Jan 2014 14:51 WIB

Mendag Janji Jaga Stabilitas Harga di Daerah Bencana

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Nidia Zuraya
Bahan Pangan
Foto: ROL/Muda Saleh
Bahan Pangan

REPUBLIKA.CO.ID, KABANJAHE -- Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mendatangi sejumlah titik pos pengungsian bencana Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatra Utara (Sumut) pada Senin (20/1) malam. Gita menjanjikan pemerintah akan menjaga stabilitas harga di daerah-daerah bencana seperti di Gunung Sinabung.

"Dari sisi pemerintah pusat, kami akan berkoordinasi agar stabilitas harga terjaga," kata Gita Wirjawan yang ditemui di sela-sela mengunjungi pos pengungsian di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumut, kemarin malam.

Gita menjelaskan kondisi para pengungsi di pos-pos pengungsian sangat memprihatinkan. Masyarakat juga mengeluhkan lahan yang menjadi mata pencahariannya telah rusak karena bencana.

Hal ini tentu saja mempengaruhi tidak hanya kesejahteraan tapi juga psikologis dari para pengungsi. Pemerintah sendiri telah memberikan bantuan sementara seperti makanan dan minuman serta mainan untuk anak-anak.

Mengenai harga-harga barang di daerah bencana, ia mengakui adanya terjadi kenaikan harga karena kelangkaan barang dan sulitnya transportasi. Maka itu pihaknya akan terus mencari solusi sebagai tanggungjawab dalam menjaga stabilitas harga barang.

"Solusi ke depannya bagaimana pertanian dan kesejahteraan, agar bisa kembali, tentu perlu dukungan dari pemerintah pusat dan daerah. Dari Kemendag sendiri punya tanggungjawab dalam menjaga stablitas harga sembako," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement