Selasa 21 Jan 2014 12:15 WIB
Soal Bencana Gunung Sinabung

Dahlan Iskan: Status Tak Penting, Tapi Penanganannya

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Julkifli Marbun
Gunung Sinabung
Foto: AP
Gunung Sinabung

REPUBLIKA.CO.ID, KABANJAHE -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, mengunjungi pos-pos pengungsian bencana erupsi Gunung Sinabung. Mengenai rencana untuk menjadikan bencana gunung ini sebagai bencana nasional, Dahlan Iskan mengatakan status bencana tidaklah penting.

"Yang penting bukan statusnya, yang penting penanganannya," kata Dahlan Iskan yang ditemui di sela-sela kunjungannya di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumut, Selasa (21/1).

Ia menambahkan soal status bencana nasional bukanlah kompetensinya. Ia juga tidak mengetahui definisi dari bencana nasional tersebut. Akan tetapi jika memang telah disepakati dan syarat-syaratnya dipenuhi untuk menjadikan bencana Gunung Sinabung sebagai bencana nasional, ia akan mendukungnya.

Menurutnya status bencana tidaklah penting, akan tetapi penanganannya yang harus baik. Sedangkan untuk penanganan bencana Gunung Sinabung ini, ia melihatnya yang paling baik dilakukan pemerintah daerah.

"Ini yang paling bagus di antara penanganan bencana lainnya," jelas Dahlan.

Sebelumnya Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman mendatangi pos-pos pengungsian Gunung Sinabung pada Senin (20/1) lalu. Dalam kesempatan itu, Irman menjanjikan akan mengajukan status bencana nasional untuk Gunung Sinabung agar penanganannya lebih terintegrasi dilakukan pemerintah pusat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement