Selasa 21 Jan 2014 10:07 WIB

BMH Kirim Relawan ke Manado

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Maman Sudiaman
Peta bencana longsor dan banjir di Manado
Foto: Dok/Pusat Laboratorium Geologi UGM
Peta bencana longsor dan banjir di Manado

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (Lazis) Baitul Mal Hidayatullah (BMH) mengirim sejumlah relawan ke Manado, Sulawesi Utara. Mereka akan membantu korban banjir disana.

Direktur BMH, Marwan Mujahidin, menyatakan sementara ada belasan relawan yang tergabung dalam tim. Mereka bertugas membersihkan masjid - masjid disana dari lumpur banjir. Mereka nantinya memberikan Alquran dan perangkat shalat kepada Umat Islam disana.

Marwan mengkhawatirkan kondisi masjid di sana menjadi tidak terawat. "Tentu akibat bencana alam yang tidak kita harapkan ini," paparnya. Pihaknya berharap umat Islam disana dapat bersabar menghadapi bencana yang menimpa mereka.

Marwan menyatakan pihaknya juga akan mengirimkan sejumlah dai ke tempat - tempat banjir di Manado. Para dai diberangkatkan dari Jakarta. Mereka nanti akan membantu para korban banjir dalam memenuhi kebutuhan. Selain itu, mereka juga akan memberikan penyuluhan keagamaan.

Banjir bandang yang menimpa Manado merupakan bencana terdahsyat sejak 2013 hingga saat ini. Bencana tersebut terjadi karena banyak lahan yang dialihfungsikan. Dataran tinggi yang menjadi resapan air selama ini berubah menjadi tempat pemukiman. Air sulit diserap dan berakibat banjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement