Ahad 19 Jan 2014 17:44 WIB

Hatta: Pusat dan Daerah Harus Bersinergi Atasi Banjir

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Nidia Zuraya
Hatta Rajasa
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, untuk mengatasi masalah musiman seperti banjir pemerintah pusat dan daerah harus bekerja sama dengan baik. Pasalnya, persoalan banjir merupakan masalah yang rumit dan sulit untuk diselesaikan.

Karena itu, menurut Hatta, setiap pihak saling koordinasi dan bekerja sama dengan tujuan mengatasi banjir. ''Tidak boleh tidak terpadu,'' kata dia kepada ROL, Ahad (19/1).

Dia berkata, banjir terjadi karena curah hujan yang terus meningkat. Cuaca ekstrim itu tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di negara lain. Semisal, Topan Haiyan di Filipina.

Untuk mengatasi banjir, ujar Hatta, kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah mutlak diperlukan. Alasannya, bencana banjir masalah yang cukup kompleks untuk diselesaikan secara individual.

 

Dia melanjutkan, karenanya tidak bisa melihat masalah air bah dari satu sisi saja. Kini, resapan air sudah semakin berkurang. Di kawasan hulu, Puncak dan Bogor termasuk resapan di Jakarta sendiri sudah semakin berkurang. Akibat resapan kurang, air 'menggelontor' saja dari hulu ke hilir. Karena itu, diperlukan penataan yang baik. Contohnya, di DKI Jakarta sudah memiliki konsep daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement