Sabtu 18 Jan 2014 13:08 WIB

BNPB: Bantuan Bencana Sinabung Masih Cukup 2-5 Hari

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Mansyur Faqih
 Warga memulai aktivitas mereka di pagi hari ketika Gunung Sinabung menyemburkan debu vulkanik di Desa Perteguhen, Karo, Sumut, Senin (6/1).    (AP/Binsar Bakkara)
Warga memulai aktivitas mereka di pagi hari ketika Gunung Sinabung menyemburkan debu vulkanik di Desa Perteguhen, Karo, Sumut, Senin (6/1). (AP/Binsar Bakkara)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 27.319 jiwa harus mengungsi ke tempat penampungan akibat bencana Gunung Sinabung, Sumatra Utara hingga Sabtu (18/1) siang. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih terus berkoordinasi untuk menyalurkan bantuan.

Berdasarkan hasil rapat evaluasi, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, bantuan bagi pengungsi masih mencukupi untuk 2-5 hari. "Jadi selalu kita siapkan untuk dua sampai lima hari ke depan," kata Sutopo, di Jakarta, Sabtu.

Sutopo mengatakan, pelayanan untuk para pengungsi pun masih terus berjalan. Seperti untuk sarana dan prasarana, kesehatan, dan pendidikan. Pendataan pengungsi pun masih terus berjalan. Untuk membantu pendidikan disediakan truk untuk antarjemput sekolah. 

Untuk penyaluran bantuan, ujarnya, BNPB masih terus berusaha berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Menurut dia, penanggungjawab untuk penanggulangan bencana itu ada di kepala daerah setempat. Rencananya pekan depan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan datang ke lokasi pengungsian. SBY ingin mengetahui langsung kondisi di sana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement