Sabtu 18 Jan 2014 10:19 WIB

Gelar Expo, SIKIB Akan Paparkan Hasil Kerja

Ratna Joko Suyanto (berbicara) saat memaparkan SIKIB Expo 2014, Jumat (17/1) siang, di Jakarta
Foto: Republika/Hazliansyah
Ratna Joko Suyanto (berbicara) saat memaparkan SIKIB Expo 2014, Jumat (17/1) siang, di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak dibentuk pada bulan Desember 2004, Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) terus melakukan berbagai kegiatan. Organisasi nirlaba ini menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan menciptakan rakyat Indonesia yang mandiri dalam upaya mewujudkan kehidupan, yang didasarkan pada lima pilar, yaitu Indonesia Pintar, Indonesia Hijau, Indonesia Sehat, Indonesia Kreatif dan Indonesia Peduli.

"Hampir kurang lebih 10 tahun kita menyelenggarakan kegiatan sebagai bentuk terhadap permasalahan bangsa juga untuk membantu kesejahteraan bersama menuju Indonesia sejahtera," ujar salah seorang pengurus SIKIB, Ratna Joko Suyanto di Jakarta, Jumat (17/1).

Dalam melakukan kegiatannya, SIKIB mendapat bantuan dari mitra kerja dan juga donatur. Sebagai bentuk pertanggungjawaban, SIKIB akan memaparkan kegiatan yang telah mereka kerjakan selama ini dalam ajang SIKIB Expo. Ajang tersebut akan digelar pada 21-26 Januari 2014 di Senayan City, Jakarta.

"Kegiatan ini juga sebagai sarana bagi kami untuk menyampaikan informasi pada masyarakat apa yang telah kami lakukan selama 10 tahun," ujar Ratna.

Di Pilar Indonesia Kreatif misalnya. Secara simultan SIKIB menggerakkan Mobil Kreatif SIKIB ke sejumlah Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan untuk memberikan pelatihan kreatif. Sementara untuk Indonesia Pintar, SIKIB terus menambah jumlah Rumah Pintar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Begitu juga dengan Indonesia Sehat dengan menggelar Jambore Sanitasi.

"Dan masih banyak lagi kegiatan yang telah kami lakukan, di ajang ini kami akan memaparkan semua kegiatan kepedulian terhadap permasalahan bangsa untuk membantu kesejahteraan bersama menuju Indonesia sejahtera," ujar Ratna.

Ketua Panitia SIKIB Expo 2014, Muniarti Widodo AS menambahkan, pameran mengusung tema "Bakti SIKIB untuk Negeri Menuju Indonesia Sejahtera" yang akan divisualisasikan dalam panggung utama dalan bentuk kapal layar.

"Kapal ibarat rumah bersama bagi masyarakat Indonesia yang sedang mengarungi samudera luas. Kapal ini juga akan menjadi tempat utama kegiatan," papar Muniarti.

Selain panggung berbentuk kapal, acara yang mengambil tempat di Atrium Senayan City ini juga akan memamerkan semua produk layanan SIKIB, seperti mobil pintar, mobil sehat dan mobil kreatif dan lainnya.

"Juga akan ada sentra bermain, sentra buku dan sentra komputer," ujar Laily M Nuh, Koordinator Indonesia Pintar dalam kepengurusan SIKIB.

Juga akan digelar workshop dengan tema diantaranya "Tampil Cantik denban Busana/Aksesoris Warisan Indonesia", "Tampil Menjadi Pribadi yang Menarik", "Bambu Sebagai Kekayaan Alam yang Ramah Lingkungan", serta "Psikologi Perempuan dalam Menghadapi Permasalahan Keluarga".

Ajang yang akan dibuka secara resmi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono ini dibuka pada pukul 10.00 - 22.00 WIB tiap harinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement