Rabu 15 Jan 2014 19:33 WIB

Menperin Resmikan Pabrik Kedua dan Peluncuran Honda Mobilio

Rep: Rr Laeny Sulistyawati / Red: Djibril Muhammad
Menperin MS Hidayat
Foto: Antara
Menperin MS Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat meresmikan pabrik dan peluncuran varian baru kendaraan merek Honda Mobilio di Karawang, Jawa Barat (Jabar), Rabu (15/1).

Menurut Hidayat, investasi di sektor industri otomotif terus mengalami peningkatan. Salah satu peningkatan itu ditandai dengan diresmikannya pabrik dan diluncurkannya varian baru kendaraan merek Honda Mobilio di Karawang.

"Tingginya minat investasi tersebut menandakan bahwa iklim investasi di Indonesia sudah semakin meningkat dan telah mampu bersaing dengan negara produsen otomotif lainnya di Asia Tenggara,” katanya pada acara Peresmian Pabrik kedua dan Peluncuran Kendaraan Bermotor Honda Mobilio Produksi PT Honda Prospect Motor di Karawang, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Rabu (15/1).

Dia menjelaskan, pabrik kedua PT Honda Prospect Motor di Karawang dibangun dengan kapasitas produksi 120.000 unit per tahun dan nilai investasi mencapai Rp 3,1 triliun.

Dengan pembangunan pabrik kedua ini, kata Hidayat, PT Honda Prospect Motor tidak hanya menambah investasinya di Indonesia, tetapi juga akan meningkatkan jumlah dan kepemilikan pemasok lokal dalam kegiatan produksinya dan meningkatkan aktivitas ekonomi dalam jalur distribusinya.

Selain itu, dengan dibangunnya pabrik kedua ini akan menciptakan lapangan kerja sekitar 3.900 orang tenaga kerja langsung pada industri perakitan, 12 ribu orang tenaga kerja pada tingkat industri pemasok, dan sekitar 6.200 orang tenaga kerja pada tingkat dealer atau distribusi.

"Harapan saya, semoga dengan dibangunnya pabrik ke-2 ini, maka pangsa pasar produk Honda dalam mengisi pasar dalam negeri akan semakin besar," tuturnya.

Pemerintah Indonesia diakuinya juga terus bertekad untuk menjaga, meningkatkan, dan menyempurnakan iklim usaha yang kondusif. Sehingga para investor mendapatkan kepastian berusaha yang lebih baik dalam menyusun pengembangan industrinya secara lebih terukur dan terencana.

Sementara itu, sejalan dengan semakin meningkatnya investasi tersebut, industri kendaraan bermotor dalam negeri pun semakin berkembang dan terus mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

Hal itu tercermin dari angka penjualan maupun produksi yang terus meningkat, dimana penjualan kendaraan bermotor roda empat tahun 2012 mencapai 1,1 juta unit dan tahun 2013 telah mampu  menembus angka 1,2 juta unit. 

Angka penjualan ini akan terus meningkat seiring dengan peningkatan ekonomi Indonesia. Otomatis ada persaingan dalam industri otomotif.

Kata kunci dalam memenangkan persaingan global industri otomotif dewasa ini adalah adanya upaya-upaya kreatif dan inovatif yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan, yang bisa dicapai melalui pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Di samping penyediaan infrastruktur pendukungnya.

Oleh sebab itu, ia berharap PT Honda Prospect Motor tidak berhenti melakukan peningkatan kemampuan sumber daya manusia semaksimal mungkin dengan melibatkan dalam kegiatan produksi agar produk yang dihasilkan semakin dicintai oleh masyarakat dan  mengakar di bumi Indonesia.

"Sehingga pada akhirnya akan semakin berdaya saing di pasar lokal maupun global," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement