Rabu 15 Jan 2014 18:37 WIB

Presiden Sambut Para Menlu Negara Pasifik

Rep: Esthi Maharani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto: setkab.go.id
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima para menteri luar negeri negara-negara Pasifik rumpun Melanesia (Melanesian Sperhead Groups/ MSG) di kantor presiden.

Para menteri itu di antaranya Menteri Luar Negeri Fiji Ratu Inoke Kubuabola, Menteri Luar Negeri Papua Nugini Rimbink Pato dan Menteri Luar Negeri Kepulauan Solomon Soalagi Clay Forau.

Para menlu tersebut telah berada di Indonesia, bersama kepala delegasi negara MSG, sejak 11 Januari lalu. Mereka pun telah berkunjung ke beberapa daerah di Indonesia seperti Papua.

Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa mengatakan keberadaan para menteri MSG adalah undangan dari Presiden SBY. Indonesia ingin meningkatkan hubungan bilateral dengan negara-negara pasifik khususnya MSG.

"Mereka berada di Indonesia atas undangan pemerintah untuk meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan negara-negara Pasifik, khususnya MSG, di bidang ekonomi dan pembangunan," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa pada konperensi pers seusai pertemuan di kantor Presiden.

Ia mengatakan kerja sama yang ingin ditingkatkan tak lain mencakup bidang ekonomi, ketahanan pangan, pendidikan, demokrasi,  good governance, bencana alam, mitigasi perubahan iklim, dan sosial budaya. Selain itu, kunjungan 11 - 16 Januari 2014 ini ntuk meningkatkan pemahaman tentang Provinsi Papua, dan Papua Barat, juga Maluku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement