Rabu 15 Jan 2014 11:09 WIB

Wartawan Diimbau Netral Beritakan Pemilu

PWI
Foto: antara
PWI

REPUBLIKA.CO.ID, RANGKASBITUNG -- Wartawan diminta bersikap netral dalam tulisan pemberitaan menghadapi Pemilihan Umum 2014 dan tidak berpihak pada salah satu partai politik maupun calon legislatif.

"Tahun 2014 adalah tahun politik, tentu akan terjadi gesekan-gesekan, maka wartawan harus bersikap netral dalam pemberitaan dan bekerja profesional," kata Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten Agus Sandjadirja di Rangkasbitung, Rabu.

Ia mengatakan, wartawan akan selamat jika melaksanakan tugas di lapangan memahami Kode Etik Jrnalistik dengan menyiarkan pemberitaan yang seimbang dan bertangung jawab.

Sebaliknya, kata dia, wartawan akan berbahaya jika tidak melaksanakan tugas jurnalistik dengan benar, terlebih menghadapi tahun politik.

Sebelum menyiarkan, wartawan terlebih dulu menyaring dan memilah-milah pemberitaan yang akan disampaikan kepada masyarakat.

Apakah, pemberitaan itu patut atau tidak patut untuk disiarkan kepada masyarakat.

"Kami mengimbau wartawan dalam melaksanakan tugas harus memahami Kode Etik Jurnalistik sehingga tidak membahayakan dirinya," ujarnya.

Menurut dia, semua wartawan yang masuk dalam organisasi PWI wajib mengikuti uji kompetensi guna meningkatkan profesionalisme.

PWI Banten menargetkan seluruh wartawan tahun 2015 sudah mengikuti uji kompetensi profesi jurnalistik itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement