Jumat 10 Jan 2014 15:01 WIB

Yogya Perlu Petakan Desa Wisata

 Kawasan Malioboro Yogyakarta
Foto: Antara/Noveradika
Kawasan Malioboro Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemetaan keberadaan desa wisata di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sangat diperlukan sebagai upaya mempermudah pembinaan dan pengembangan objek wisata tersebut sehingga diharapkan dapat dikunjungi wisatawan.

"Desa wisata di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) jumlahnya cukup banyak, sehingga perlu pemetaan dalam upaya membina dan mengembangkan agar layak dikunjungi wisatawan," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta, Widi Utaminingsih, di Yogyakarta, Jumat.

Ia mengatakan tiap wilayah kabupaten di DIY memiliki sejumlah desa wisata namun hanya beberapa yang potensial 'dijual' kepada wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

"Upaya pemetaan desa wisata bertujuan pula agar pengembangan objek wisata tersebut memiliki arah yang tepat, termasuk untuk mempercepat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan," kata Widi Utaminingsih.

Dengan memiliki peta desa wisata, pemerintah daerah setempat akan mudah dalam membina serta meningkatkan daya tarik objek wisata tersebut.

Selain itu, menurut dia, perlu pula dukungan infrastruktur dan penambahan fasilitas desa wisata sehingga wisatawan yang berkunjung ke objek wisata itu merasa nyaman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement