Rabu 08 Jan 2014 14:58 WIB

Mobil Pintar Gairahkan Minat Baca Warga Karawang

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Didi Purwadi
Perpustakaan keliling (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Perpustakaan keliling (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Minat baca masyarakat Karawang mengalami peningkatan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Pasalnya, saat ini masyarakat Karawang jadi lebih mudah menjangkau perpustakaan.

Sebab, pemerintah kabupaten setempat memberikan pelayanan ekstra untuk masyarakatnya. Yaitu, dengan disediakannya fasilitas motor dan mobil pintar.

Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Karawang, Dadang Jalaludin, mengatakan sejak 2010 lalu pemkab telah menggulirkan program motor/mobil pintar.

Maksudnya, motor pintar ini merupakan armada yang membawa ratusan buku dengan berbagai macam judul. Kemudian, petugas yang membawa motor ini setiap harinya keliling mendatangi warga.

"Motor ini adanya di setiap kecamatan. Kalau mobil, cuma ada di perpustakaan kabupaten," ujar Dadang, kepada Republika Online, Selasa (7/1).

Motor pintar ini jumlahnya mencapai 30 unit. Masing-masing kecamatan punya satu unit motor pintar. Setiap harinya, motor ini mobile ke setiap desa.

Sasarannya yaitu sekolah-sekolah dari tingkatan SD sampai SMA. Selain itu, ibu-ibu di majelis ta'lim dan para santri yang menuntut ilmu di pondok pesantren juga tak luput dari sasaran petugas.

Sedangkan, jumlah mobil pintar baru lima unit. Sama dengan motor, setiap harinya mobil ini selalu keliling ke setiap kecamatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement