Ahad 05 Jan 2014 19:59 WIB

Jabar Targetkan 100 Ribu Hektar Sawah Baru

Petani membawa bibit padi untuk ditanam di persawahan.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Petani membawa bibit padi untuk ditanam di persawahan.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menargetkan 100 ribu hektare sawah baru pada tahun 2015 di Jawa Barat guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

"Saat ini, kami sedang mematangkan persiapan untuk menciptakan 100 ribu hektare lahan sawah baru di wilayah Selatan Jabar," kata Ahmad Heryawan dalam siaran persnya, Minggu.

Ia menuturkan, target untuk menciptakan lahan sawah baru bukanlah pekerjaan yang mudah karena di wilayah yang dekat dengan perkotaan, banyak lahan kosong yang kini dijadikan permukiman, industri dan lain-lain.

Kondisi itu, menurut dia, semakin diperparah dengan banyaknya lahan sawah yang beralih fungsi menjadi kawasan permukiman warga atau untuk industri.

"Untuk saat ini, jangankan 10 ribu hektare, menyiapkan 5 ribu hektare saja sulit karena maraknya alih fungsi lahan," katanya.

Sehingga, lanjut Heryawan, untuk merealisasikan target tersebut pihaknya memilih wilayah Jawa Barat bagian Selatan.

Menurut dia, wilayah Selatan Jabar relatif masih kosong jika dibandingkan dengan wilayah Jabar bagian Barat, Timur dan Utara Jabar yang sudah padat dengan pemukiman atau industri.

"Memang kawasan Jabar Selatan seperti di Sukabumi Selatan, Cianjur Selatan, Garut Selatan masih kosong kan, sehingga cocok untuk merealisasikan target lahan sawah baru ini," kata Heryawan.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement