Sabtu 04 Jan 2014 16:47 WIB

Tinjau Kesiapan BPJS di Surabaya, SBY Disambut Lansia

 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninjau kesiapan pelaksanaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosisal (BPJS) bidang kesehatan di Surabaya, Sabtu (4/1). Puskesmas Pucang Sewu dan RSUD Dr Soetomo menjadi pilihan peninjauan pelayanan kesehatan SBY.

SBY memulai peninjauan dari Puskesmas Pucang Sewu. Ia tiba di puskesmas sekitar pukul 13.20 WIB. Di puskesmas, sejak pagi ramai oleh pasien yang mengantre untuk pelayanan kesehatan.

Terdapat juga sejumlah lansia yang memang diundang khusus oleh puskesmas sejak pagi untuk acara penyambutan. Puskesmas ini memang dikenal salah satunya sebagai pionir poliklinik khusus lansia. SBY kemudian berkomunikasi dengan pegawai loket dan mengatakan, agar masyarakat dilayani dengan baik.

"Tolong dilayani dengan baik saudara kita, negara sudah punya sistem, sekarang sudah menjadi satu sistem (BPJS)," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, ia berkeliling puskesmas dan meninjau berbeberapa poliklinik dan ruangan yang ada. Isti (72 tahun), warga Gubeng, Surabaya, yang menjadi salah satu pasien lansia di Puskesmas tersebut mengaku belum tahu caranya memperoleh kartu untuk BPJS. Ia mengaku menggunakan kartu ASKES dan dilayani dengan baik.

"Katanya ASKES kan langsung terdaftar, apa nanti kartunya dikirimkan atau bagaimana ya? Tapi selama ini ga ada masalah gunakan ASKES," kata Isti yang telah berada di Puskesmas sejak jam 08.00 pagi untuk menyambut SBY.

Winarni, warga setempat pasien di Puskesmas itu mengatakan, selama ini masih menggunakan Jamkesmas. Namun ia kini juga tengah mendaftar BPJS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement