Sabtu 04 Jan 2014 15:24 WIB

Harga Ayam Melambung Usai Jembatan Bajararum Tutup Ditabrak Tongkang

Daging ayam yang dijual di pasar tradisional.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Daging ayam yang dijual di pasar tradisional.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT -- Pasokan ayam potong di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah terganggu akibat imbas penutupan Jembatan Bajarum. Alhasil harga pun melambung tinggi.

"Saat ini harga ayam potong mencapai Rp32.000 per kilogram. Sepekan terakhir ini harga ayam memang terus mengalami kenaikan bajkan sudah terjadi di tingkat agen," kata Niah, salah seorang pedagang di Pasar Keramat Sampit, Sabtu (4/1).

Kenaikan harga ayam potong di pasar tradisional yang terletak di kawasan dalam kota itu memang cukup tinggi, dari semula Rp24.000 per kilogram beranjak naik hingga saat ini menjadi Rp32.000 per Kg.

Sebagian pasokan ayam potong di Sampit didatangkan dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. Penutupan Jembatan Bajarum untuk mobil di ruas Trans Kalimantan Poros Selatan usai ditabrak tongkang bermuatan bijih besi pada 21 Desember 2013 lalu, membuat pasokan ayam potong dari Banjarmasin menjadi terhambat.

Gangguan pada pasokan ini diduga menjadi penyebab sehingga stok ayam di Sampit menipis sehingga harga berangsur naik lantaran pedagang hanya mengandalkan pasokan dari peternak lokal. Sementara peternak lokal belum mampu memenuhi seluruh permintaan pedagang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement