Selasa 31 Dec 2013 15:12 WIB

Zikir Ajak Umat Peduli Bangsa

Rep: c20/ Red: Damanhuri Zuhri
Dzikir Nasional
Foto: Republika
Dzikir Nasional

REPUBLIKA.CO.ID,

Peserta Zikir Nasional terus bertambah dari tahun ke tahun.

JAKARTA -- Acara Zikir Nasional di malam pergantian tahun tak hanya berisi kegiatan agama. Acara yang diselenggaran Republika di kota besar ini juga mengajak masyarakat untuk peduli terhadap masa depan bangsa.

Penceramah akan memberi tausiyah tentang langkah-langkah dalam menghadapi 2014 yang terdapat pemilihan umum (pemilu). Selain itu, kondisi ekonomi juga belum membaik. Umat Islam perlu tahu bagaimana memilih pemimpin yang baik.

"Para pembicara akan mengarah ke sana, persiapan menuju 2014," ujar Ketua Panitia Zikir Nasional Republika ke-12, Indra Wisnu Wardana, Ahad (29/12). Zikir Nasional ini jadi alternatif kegiatan pergantian tahun yang diisi dengan lebih banyak mengintrospeksi diri.

Republika merupakan penggagas kegiatan zikir nasional di malam pergantian tahun. Zikir Nasional ke-12 akan berlangsung di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (31/12).

Zikir di malam Tahun Baru 2014 ini mengusung tema “Untuk Indonesia Lebih Baik”. Masyarakat tak hanya berzikir, melainkan juga berdoa bersama untuk bangsa. Acara serupa berlangsung di Bandung dan Yogyakarta.

Walau kegiatan hura-hura pun masih banyak, ini menjadi pilihan lain bagi masyarakat yang ingin membentuk kondisi lebih.

Tahun lalu, kata Indra, peserta zikir nasional mencapai 50 ribu hingga 60 ribu orang dan memenuhi Masjid At-Tin. Di Bandung, peserta yang hadir mencapai 10 ribu orang.

Sementara di Yogyakarta peserta yang hadir sekitar 5.000 orang. Ia berharap tahun ini pun bisa tetap banyak peserta yang hadir.

Tahun ini, penyelenggaraan di Yogyakarta berpindah ke Masjid Syuhada sehingga bisa menampung lebih banyak peserta. Peserta yang hadir cukup berimbang antara anak muda dan orang tua. Namun, mayoritas peserta adalah keluarga.

Zikir Nasional di Yogyakarta dikemas dalam acara tabligh akbar muhasabah akhir tahun 2013 dan songsong Tahun Baru 2014.

''Tema tahun ini adalah 'Untuk Indonesia yang Lebih Baik' karena berharap di tahun depan Indonesia menjadi lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,'' kata Ketua Panitia Tabligh Akbar 2014 Akhmad Khurun.

Untuk mengawali Tabligh Akbar yang akan dimulai pukul 20.00 dan berakhir pukul 11.59, akan dilantunkan pembacaan Alquran secara berturut-turut oleh qori nasional dan internasional, yakni Ustaz Herfan Sa'id, Ustaz Ahmad Sa'diyah, dan Ustaz Syamsuddin. Sebagai MC dalam acara ini adalah Kuncoro 'Kalepo'.

Selanjutnya, ceramah akan diawali tokoh masyarakat M Syukri Fadholi, lali tokoh dan dai nasional Ustaz Fadlan Garamatan dan terakhir muhasabah dan doa diakhiri Pimpinan Pesantrean Masyarakat Nusantara Ustaz Puji Hartono.

Kegiatan ini dimulai sejak Selasa pagi (31/12) pukul 09.00 WIB yang berupa donor darah sampai pukul 12.00 WIB dan bazar buku, peralatan muslim, serta kegiatan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement