Senin 30 Dec 2013 12:28 WIB

'Waspadai Masalah Sampah di Musim Penghujan'

  Kondisi Waduk Melati, Jakarta Pusat yang tampak dangkal terendap oleh lumpur dan sampah, Jumat (15/11).  (Republika/Yasin Habibi)
Kondisi Waduk Melati, Jakarta Pusat yang tampak dangkal terendap oleh lumpur dan sampah, Jumat (15/11). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat Jakarta diimbau untuk mewaspadai persoalan sampah di musim penghujan pada Desember 2013 hingga Januari 2014. Pasalnya, curah hujan pada peralihan tahun ini cukup tinggi.

"Ini perlu diwaspadai. Jika banjir, disertai sampah-sampah, maka semakin banyak penyakit yang bisa menyerang warga. Jika pemukiman warga bersih dari sampah, maka ini bisa saja meminimalisir tersumbatnya gorong-gorong atau saluran air lainnya,'' ujar calon anggota DPD dari daerah pemilihan DKI Jakarta, Rommy, Senin (30/12).

Menurut Rommy, sudah banyak kebijakan Pemprov DKI untuk mengatasi sampah, khususnya untuk mencegah banjir dan sampah ini. ''Namun, kampanye perilaku bersih atau "jangan nyampah" ini harus terus didukung dengan manajemen pengelolaan sampah yang baik,'' tutur pria yang dijuluki "Si Anak Kampung Jakarta" itu.

Dari sisi pemerintah, lanjut dia, bisa dilakukan penyediaan fasilitas pengakutan sampah dari rumah penduduk hingga tingkat kelurahan dengan cara memperbanyak fasilitas penjemputan sampah agar tidak tertimbun lama di pemukiman warga.

''Pengangkutan sampah yang rutin ke perkampungan ini bisa mengurangi perilaku warga agar tidak membuang sampah ke aliran kali/sungai," ungkap Rommy. Selain itu, kata dia, pemerintah bisa menyediakan banyak tong sampah di tempat umum.

Rommy mengungkapkan, perilaku nyampah seringkali terjadi karena minimnya serta sulitnya menemukan tong sampah di tempat umum. "Jika diluar negeri, orang bisa sampai memiliki perilaku menyimpan sampahnya di dalam tas sampai mereka menemukan tong sampah, hal ini sangat langka dijumpai di Indonesia," cetusnya.

Untuk itu, papar Rommy, penyediaan tong-tong sampah di kendaraan umum atau disepanjang jalan, atau juga di banyak titik di perkampungan warga perlu dilakukan. Ia mencontohkan, di Ciracas JakTim hanya ada dua gerobak sampah yang sudah tidak memadai tapi warga juga berpartisipasi aktif membuat gerobak.

''Alangkah baiknya jika Pemprov DKI bisa menyediakan sarana gerobak lebih banyak atau mengubahnya dengan mesin/truk pengangkut sampah sehingga sampah tidak akan tertimbun lama disekitar area pemukiman,'' ungkap Rommy.

Menurutnya, sudah banyak contoh kampung-kampung kumuh yang bisa disulap menjadi kampung bersih, dan juga memberdayakan warga untuk mengelola industri sampah yang bisa didaur ulang.

''Ibu-ibu rumah tangga atau anak-anak muda yang belum memiliki pekerjaan pun bisa berkreatif dan menghasilkan uang dari bisnis kreatif semacam ini. Label bahwa sampah itu hanya dekat dengan kata tukang bersih dan pemulung pastinya bisa diatasi dengan mendiversifikasi jenis pekerjaan yang terkait dengan pengelolaan sampah ini,'' tegas Rommy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement