Sabtu 28 Dec 2013 06:09 WIB

Hari Kerukunan Nasional Sambut Awal Tahun 2014

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dewi Mardiani
Menteri Agama Suryadharma Ali
Foto: Republika/Yasin Habibi
Menteri Agama Suryadharma Ali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia akan menyambut awal tahun 2014 dengan diperingati sebagai Hari Kerukunan Nasional (HKN) pada 3 Januari 2014 mendatang. Dalam rangka memperingati HKN ini Pemerintah melalui Kementerian Agama Suryadharma Ali akan menggelar gerak jalan bersama yang dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menteri Agama (Menag), Suryadharma Ali, mengatakan gerak jalan bersama dalam kegiatan HKN ini adalah untuk kali pertama dilakukan. Kegiatan ini, jelas dia, akan  diikuti puluhan ribu masyarakat bersama Presiden SBY dan bersama tokoh lintas agama di Indonesia.

"Kegiatan HKN pada 3 Januari mendatang merupakan sumbangan para tokoh lintas agama kepada bangsa,” ujar Suryadharma, Jumat (27/12).

Menag menambahkan, dengan adanya HKN ini diharapkan upaya mewujudkan kerukunan beragama akan lebih mudah. Karena hakikatnya, kata dia, kerukunan bukan hanya bermakna lintas agama saja. Akan tetapi mencakup lebih luas ke seluruh elemen masyarakat berbangsa dan bernegara. "Bukan hanya antaragama, tapi lebih luas dari itu antarsuku, budaya, bahkan antarkelompok politik," katanya.

Terlebih, jelas Suryadharma, jelang 2014, merupakan tahun politik, yang akan rentan terjadi pergesekan kelompok sosial politik. Untuk itu, menurut dia, inilah pentingnya HKN dilaksanakan di kali pertamanya ini pada tahun politik.

Rencananya, HKN ini akan menjadi agenda nasional yang selalu digelar pada tanggal 3 Januari setiap tahun. “Tapi itu tergantung siapa Presiden terpilihnya nanti."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement