Rabu 25 Dec 2013 15:16 WIB

Pelindo III Peduli Lingkungan

 Warga menata tempat sampah baru yang akan dibagikan kepada lingkungan setempat saat kegiatan
Warga menata tempat sampah baru yang akan dibagikan kepada lingkungan setempat saat kegiatan "Aksi Jakarta Bersih" di Kelurahan Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (16/2). (Republika/Edwin Dwi Putranto)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin mewujudkan kepedulian lingkungan dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan melalui dana CSR berupa armada angkutan sampah yakni dua unit truk dan sembilan unit sepeda motor roda tiga.

Humas Pelindo III Banjarmasin, Emil Puji Aripan dalam rilis yang ditermia ANTARA, Rabu, menyebutkan bantuan disalurkan dalam dua bentuk, yakni Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dalam edisi berbagi.

Acara penyaluran bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) ini dilaksanakan dalam dua sesi, yakni di Aula Kayuh Bambai Kantor Pemerintah Kota Banjarmasin dan di Kantor Pelindo III Cabang Banjarmasin.

Penyerahan kunci dua buah truk dan sembilan kendaraan roda tiga secara sombolis dilakukan oleh Direktur Keuangan Pelindo III Wahyu Suparyono kepada Wakil Wali Kota H.Irwan Anshari didampingi Sekdako Banjarmasin H Zulfadli Gazali disaksikan GM Pelindo III Banjarmasin Toto Heli Yanto para kepala SKP Pemko di Balai Kota Banjarmasin.

Selain itu juga disalurkan uang senilai Rp192 juta kepada 17 obyek yang meliputi sarana ibadah baik masjid maupun gereja, serta sarana pendidikan yang berada di kota banjarmasin untuk biaya renovasi.

Toto Heli Yanto menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan wujud kecintaan dan kepeduliaan manajemen PT Pelindo III kepada Kota Banjarmasin, armada pengangkutan sampah ini diberikan untuk dapat membantu pemerintah kota dalam mengatasi masalah sampah yang ada.

Secara keseluruhan Total bantuan yang disalurkan kurang lebih mencapai Rp2 milyar terdiri dari bantuan CSR armada pengangkutan senilai lebih kurang Rp754 juta, hibah Bina Lingkungan senilai Rp192 juta dan Bantuan Pinjaman Kemitraan senilai Rp1,17 milyar yang disalurkan keberbagai daerah di Kalimantan Selatan.

"Ini adalah bantuan yang diberikan kepada masyarakat Kota Banjarmasin, jadi diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan yang ada", kata Toto.

Toto menambahkan saat ini Pelindo Banjarmasin bekerjasama dengan Pemko Banjarmasin juga tengah menggenjot kerjasama untuk pembangunan pelabuhan baru di area gunung meranti, nantinya jika pelabuhan ini terwujud tentunya multiplier effect yang timbul juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota banjarmasin.

"Mulai dari penyerapan lapangan pekerjaan, hingga memacu roda ekonomi kota mengingat pelabuhan Banjarmasin adalah gerbang ekonomi Kalimantan Selatan, Tengah dan sebagian Kalimantan Timur", jelas Toto.

Sementara itu Direktur Keuangan Pelindo III mengamanatkan kepada segenap masyarakat kota Banjarmasin untuk bersama-sama membangun kota yang dicintai ini.

Bantuan kemitraan ini diberikan dimaksudkan untuk mengembangkan para usaha kecil, karena para pengusaha kecil ini adalah pahlawan ekonomi.

Berkat mereka perekonomian tergerak demi meningkatkan perputaran barang, jika usaha mereka besar tentunya mereka akan dapat mengekspor hasil mereka lewat pelabuhan.

"Jadi ya secara taklangsung akan menghasilkan pendapatan dan sekaligus Devisa bagi negara", tandasnya.

Wahyu Suparyono memberikan sedikit paparan mengenai apa dan siapa PT Pelindo III, mulai dari bidang usaha hingga seluruh aktifitas sosial yang dilaksanakan oleh Perusahaan bidang jasa kepelabuhanan ini.

Mulai dari pasar murah hingga bedah rumah yang dilaksanakan di tujuh propinsi wilayah operasional PT Pelindo III, meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

Wawasan mengenai pentingnya aktifitas CSR diberikan guna memacu para perusahaan swasta dan BUMN yang ada di Kalimantan Selatan agar terus bergerak untuk melaksanakan berbagai aktifitas tersebut.

"Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung" meskipun General Manager Pelindo Banjarmasin bukan orang asli Banjarmasin, namun saya memerintahkan kepada beliau untuk mencintai kota Banjarmasin selayaknya kotanya sendiri" harapnya.

Jadi tentunya pak toto akan terus mengupayakan yang terbaik dalam membantu Pemerintah Kota untuk mengatasi permasalahan yang ada di Kota Banjarmasin, tambah Wahyu.

Irwan Anshari, Wakil Walikota Banjarmasin, mengucapkan terimakasih kepada segenap manajemen PT Pelindo III. Amanat beliau agar seluruh armada tersebut segera dianggarkan untuk operasionalnya.

Secara khusus beliau mengucapkan terimakasih kepada Direktur Keuangan PT Pelindo III, Wahyu Suparyono atas paparan yang disampaikan, yang tampaknya memberikan greget kepada para pengusaha yang ada di kota Banjarmasin agar tergerak melaksanakan aktifitas sosial tersebut.

Irwan berharap kepada segenap SKPD untuk terus berinovasi dan meningkatkan sinergi dengan BUMN yang ada di Kalimantan Selatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement