Senin 23 Dec 2013 01:08 WIB

Banten Diminta Bangun Pembangkit Listrik Mikrohidro

Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro
Foto: ristek
Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG -- Pemerintah Kabupaten Pandeglang mengusulkan ke pemerintah Provinsi Banten untuk membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH).

"Kita sudah mengusulkan ke provinsi agar membantu pembangunan PLTMH guna mencukupi kebutuhan energi listrik masyarakat Pandeglang," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pandeglang Girgijantoro ketika dikonfirmasi di Pandeglang, Ahad (23/12).

Ia menyatakan, di Kabupaten Pandeglang banyak aliran sungai yang memiliki curug atau air terjun yang potensial untuk pembangunan PLTMH.

Ia berharap ada bantuan untuk pembangunan pembangkit tersebut, guna melayani energi listri bagi masyarakat yang tinggal di pelosok, yang sulit terjangkau jaringan listrik konvensional.

"Cukup banyak masyarakat yang belum menikmati listrik, terutama di pelosok, dan kita berharap pembangunan PLTMH ini bisa menjadi solusi meningkatkan pelayanan energi pada warga," ujarnya.

Menurut dia, sekitar 83.642 kepala keluarga (KK) warga yang tersebar di 35 kecamatan di Kabupaten Pandeglang, hingga saat ini belum menimati layanan energi listrik, dan sebagian besar tinggal di pelosok.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, berupaya membantu warga tersebut akan bisa menikmati listri, diantaranya dengan pemasangan jaringan reguler bekerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negera (PLN) dan program listrik pedesaan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement