Ahad 22 Dec 2013 23:09 WIB

Pemkab Purwakarta Siapkan Rp 50 M untuk Beli Sawah

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Citra Listya Rini
Petani membawa bibit padi untuk ditanam di persawahan.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Petani membawa bibit padi untuk ditanam di persawahan.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 50 miliar di tahun 2015 untuk pembelian lahan sawah. Lahan sawah itu nantinya akan jadi aset Pemkab Purwakarta. 

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan Purwakarta merupakan daerah yang kecil. Daerah ini, tak memiliki lahan sawah seluas Karawang ataupun Subang. Lahan sawah yang ada hanya sekitar 16 ribu hektare. 

"Karena itu, sudah saatnya pemkab menambah area sawah," kata Dedi, kepada Republika di Purwakarta, Ahad (22/12).

Pemkab Purwakarta bisa saja membeli sawah di luar Purwakarta. Misalkan, di daerah tetangga. Tapi, sawah itu akan jadi aset milik Pemkab Purwakarta. Atau, jika ada petani Purwakarta yang akan menjual sawahnya, pemkab setempat berupaya membelinya. 

Dedi mengatakan dengan cara ini minimal ada upaya pemerintah untuk menyelamatkan lahan pertanian. Serta, membentengi kemandirian pangan. Mengingat, selama ini alih fungsi lahan menjadi momok menakutkan.

Dedi berjanji dirinya tidak akan memberikan izin terhadap pelaku usaha industri maupun perumahan, untuk menggunakan lahan pertanian. Bila mereka ingin menanamkan modalnya, maka lahan yang diizinkan hanya lahan kosong atau lahan tidur.

"Kalau untuk sawah, tidak akan saya izinkan. Lahan tersebut, harus sesuai peruntukannya," ujar Dedi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement