Ahad 22 Dec 2013 17:13 WIB

Enam Desa di Purworejo Masih Terendam Banjir

Banjir, ilustrasi
Foto: Antara
Banjir, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWOREJO -- Sedikitnya enam desa di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, hingga hari ini (Ahad, 22/12) masih terendam banjir. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Purworejo, Boedi Hardjono menyebutkan enam desa tersebut yaitu Kedungmulyo, Mangunjayan, dan Sidomulyo di Kecamatan Butuh.

Kemudian Desa Rowodadi, Bendungan dan Trimulyo di Kecamatan Grabag. "Sebenarnya banjir mulai surut, terutama di kawasan utara, namun untuk kawasan selatan yaitu Kecamatan Butuh dan Grabag masih ada beberapa desa yang terendam," kata Boedi.

Menurut Boedi, ketinggian air di daerah banjir tersebut mencapai satu meter lebih. Dia mengatakan Tim SAR dari unsur TNI, Polri, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Palang Merah Indonesia (PMI), Basarnas dan para relawan terus melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir ke daerah yang aman.

Boedi menuturkan untuk penanganan korban banjir tersebut telah didirikan dapur umum. "Pemerintah Kabupaten Purworejo bersama TNI mendirikan dua dapur umum untuk menyuplai makanan kepada para korban banjir," katanya.

Ia mengatakan jalur lalu lintas Purworejo-Kebumen yang sempat terputus di Kecamatan Butuh, saat ini sudah dapat dilalui dan lalu lintas kendaraan berjalan normal. Boedi mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana banjir karena cuaca belum bersahabat.

"Meskipun tidak hujan, saat ini di Purworejo cuaca mendung. Mudah-mudahan tidak terjadi hujan deras dan banjir dapat cepat surut," ujar Boedi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement